Laman

26 Apr 2012

Membuat Multiboot Linux dengan Flashdisk

Umumnya para pengguna distro Linux banyak yg menggunakan Unetbootin untuk membuat live usb, namun terkadang merasa kesulitan jika installer distronya lebih dari 2 buah atau lebih sedangkan flashdisk yg digunakan hanya ada 1 buah, Unetbootin tidak bisa membuat multiple booting live usb, karena itu kita memerlukan cara untuk memuat seluruh distro tersebut ke dalam satu buah flashdisk. Salah satu aplikasi yang bisa membuat multiple boot live usb adalah MultiSystem.

Hal yang perlu disiapkan adalah:
-> 1 buah flashdisk dengan ukuran yg lumayan besar, semakin banyak OS yg akan dimasukan maka semakin besar pula ukuran flashdisk tersebut. contoh kali ini saya menggunakan flashdisk berukuran 4GB

-> Beberapa distro yang akan dimasukan, pada contoh kali ini saya hendak memasukan Linux Mint 9, Linux Mint 9 LXDE Edition, Slitaz 3.0, dan Puppy Linux 5.1.1

Langkah 1:
Pastikan flashdisk anda kosong dan berformat fat32. Jika perlu, format terlebih dahulu flashdisk anda dengan menggunakan Gparted.

langkah 2:
Install aplikasi MultiSystem. Ini bisa dilakukan dengan 2 cara:
Cara pertama adalah memasukan MultiSystem ke dalam daftar repo yg kita miliki, caranya mudah, cukup ketik: sudo <teks editor yg dimiliki> /etc/apt/sources.list
sudo gedit /etc/apt/sources.list
setelah itu tambahkan baris baru bertuliskan:
deb http://liveusb.info/multisystem/depot all main
PS: bisa juga ditambahkan melalui Administration > Software Sources > Tab Other Software > Add
Selanjutnya, ketik ini di terminal:

sudo apt-get update

wget -q http://liveusb.info/multisystem/depot/multisystem.asc -O- | sudo apt-key add -

sudo apt-get install multisystem

Tunggu hingga instalasi selesai.

Cara kedua adalah download langsung file instalasi MultiSystem disini. atau langsung tekan
http://liveusb.info/multisystem/install-depot-multisystem.sh.tar.bz2

Langkah 3:
Plug-in flashdisk anda kemudian buka MultiSystem (Accesories > MultiSystem). Setelah itu akan muncul flashdisk anda di daftar device, klik flashdisk anda kemudian klik Validate (lihat gambar).

Langkah 4:
Masukan password anda, seperti di terminal

Langkah 5:
Jika muncul boks peringatan seperti ini, klik ok kemudian plug-out dan plug-in kembali flashdisk anda, kemudian ulangi langkah 3.

Langkah 6:
Nah, anda telah sampai ke tampilan utama MultiSystem, untuk menambahkan OS, klik saja icon berwarna hijau bergambar tanda panah (lihat gambar)

Langkah 7:
Akan tampil file-file anda, cari iso OS yang hendak Anda tambahkan, untuk menambahkan OS cukup klik 2x file iso OS anda dan pastikan muncul di list sebelah kiri, ulangi sesuai jumlah OS yang anda miliki. Klik Create jika udah selesai.

Langkah 8:
Tunggu proses copy OS ke flashdisk, lamanya tergantung seberapa banyak OS yg dimasukan


Langkah 9:
Setelah selesai copy, MultiSystem akan meminta anda memasukan password untuk menginstall Grub kedalam flashdisk.

Langkah 10:
 Sekarang anda akan lihat flashdisk nya udah terisi dengan OS,Yang sekarang anda perlukan hanyalah plug-in flashdisk anda ke komputer/laptop/netbook kemudian ubah setting boot ke flashdisk di BIOS dan tinggal pilih daftar OS yang tersedia


Keuntungan menggunakan Live USB tuh menghemat penggunaan CD/DVD, Semoga manfaat dan Selamat mencoba.


1 comment:

  1. apa bisa digabung kang dengan os windows dan hiren saat membuat multiboot ini kang?

    ReplyDelete