Laman

18 Sep 2012

Kesamaan Software bagi imigran baru sebagai alternatif di Linux

Mungkin bagi anda yang baru berpindah menggunakan OS Linux agak bingung begitu banyak aplikasi dan software baru yang jarang ditemui saat kita menggunakan Windows karena kita mungkin lebih familiar dengan OS yang satu ini.Dan bagi sebagian orang enggan atau mungkin kurang menyukai hal yang baru, namun Bagi anda yang memiliki OS atau software berbayar, anda harus membayar lisensi dengan harga jutaan rupiah bahkan sampai ratusan juta.

Mahal itu relatif, tergantung pada pandangan anda. Sebut saja, Adobe Photoshop, Microsoft Office, Corel Draw, Macromedia Dreamweaver, Guitar Pro,serta software-software berbayar yang lain. Jika anda menggunakan software berbayar yang asli semua, tentu saja uang yang akan anda keluarkan bisa untuk membeli sebuah motor, atau bahkan rumah.
Mungkin untuk sebagian orang karena tidak mampu membayar software-software tersebut akhirnya menggunakan jurus terakhir yaitu dengan membajaknya, Berbagai cara pembajakan sangat beragam, dari penggandaan, cracking, serial dan lain-lain. Namun dengan cara inilah anda menjadi tergantung pada software-software bajakan. dan secara sengaja anda telah melanggar hukum dan hak cipta
Berikut UU yang berkaitan dengan pembajakan :
UU No. 12 Tahun 2002 (hak Cipta)
UU No. 14 Tahun 2001 (Paten)
UU No. 15 Tahun 2001 (Merk)
UU No. 30 Tahun 2000 (Rahasia Dagang)
UU No. 31 Tahun 2000 (Desain Industri)
Oleh karena itu, mulailah untuk menggunakan software-software Open Source. Berbagai software alternatif pada Open Source akan bisa menggantikan software-software berbayar. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk membeli sebuah software yang spesifik. sebenarnya kalau kita mau menelaah dan mempelajari lebih dalam anda akan dapat membedakannya betapa powefullnya software-software yang ada pada OS Linux, walaupun memiliki perbedaan yang tipis namun memiliki manfaat dan fungsi yang sama bahkan lebih dengan software berbayar.
disini saya akan mengulas sedikit tentang beberapa software yang mungkin bisa membantu anda dalam memilih alternatif software pada linux yang hampir sama pada Windows :

1. LibreOffice , OpenOffice, Aplixware, ElOffice, StarOffice = Microsoft office



  • berasal dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor), Tujuannya adalah menghasilkan aplikasi perkantoran yang mendukung format ODF tanpa bergantung pada sebuah pemasok dan keharusan mencantumkan hak cipta. LibreOffice merupakan sebuah paket aplikasi perkantoran yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran besar seperti Microsoft Office
2. KPDF = Adobe Reader



  • Kpdf adalah PDF KDE (Portable Document Format) penampil berdasarkan kode dari aplikasi Xpdf. Kpdf memiliki beberapa fitur unik seperti kontinu dan dukungan presentasi.
    Kpdf juga memungkinkan teks dalam. Pdf itu untuk dibaca melalui KTTS text-to-speech.
    Perlu diketahui bahwa tidak menyediakan fungsionalitas apapun untuk mengedit atau membuat dokumen PDF.  Kpdf akan digantikan oleh okular setelah telah menjadi lebih matang. Fitur termasuk: 
    • Presentasi modus menampilkan dokumen pada halaman per halaman secara; lengkap dengan transisi halaman
    • Tiga cara yang berbeda untuk pencarian: menemukan dialog, filter thumbnail dan jenis-depan menemukan
    • Tangkap gambar dan teks dengan mudah dengan Kpdf dengan menyeret sebuah persegi panjang sekitar apa yang diinginkan untuk ditangkap
    • Memilih latar belakang default / teks warna, seperti style sheet CSS
    • Google-seperti pencarian di thumbnail
    • Kemampuan untuk menambahkan bookmark untuk halaman

    3. Gimp Image Editor dan Krita = Adobe Photoshop
Gimp (GNU Image Manipulation Program ) berfungsi sebagai pengolah gambar. Software ini mampu mendandingi software-software sejenis seperti Fotoshop. Gimp dapat digunakan oleh profesional ataupun yang masih awam dalam dunia mengolah gambar, anda dapat menggambar , mewarnai , menyunting, editing text dan lain sebagainya. Gimp telah mengalami penyempurnaan dari versi sebelumnya , menjadi lebih mudah dalam pengoprasiaannya dan penambahan fitur lain seperti filter, editable dan masih banyak lagi. File yang dapat mendukung kinerja dari Gimp adalah file yang berekstensi JPEG, GIF, PNG, dan TIFF. Selain bisa digunakan diLinux, Gimp juga bisa dijalankan di Windows XP atau vista. Software ini bisa didapatkan secara gratis dengan mendownloadnya disini (http://www.gimp.org/downloads ). Begitu juga dengan Krita yang berfungsi hampir sama dengan gimp meski software yang satu ini lebih sederhana.

Untuk Tutorial bisa kunjungi : http://www.gimp.org/tutorials/,

4. Inkscape, sK1 = Corel Draw
Inkscape Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape bersifat Cross Platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz), OS berbasis Unix, dan Microsoft Windows.
Dan ,memperkenalkan fitur referensi ratusan Inkscape illustrations. Using berguna, Anda dapat menghasilkan berbagai seni, dari gambar fotorealistik ke bagan organisasi. Inkscape menggunakan SVG, sebuah bahasa berbasis vektor gambar yang kuat dan W3C web standar, seperti format aslinya. Gambar SVG dapat dilihat langsung di browser seperti Firefox, Opera, Chrome, Safari, dan Internet Explorer 9. Sebuah subset dari SVG telah diadopsi oleh pasar ponsel. Inkscape tersedia gratis untuk Windows,Macintosh,dan sistem operasi Linux.



Untuk tutorial dan website resminyanya silahkan kunjungi :

Cukup sekian dulu ya...semoga bermanfaat.... 

No comments:

Post a Comment